Minggu, 14 Oktober 2018

3 Wanita Hebat Sepanjang Zaman



Setiap orang pasti punya idola. Idola yang mereka kagumi, bahkan sampai ingin mengikuti mereka, mulai dari gaya berpakaian, gaya hidup, pola pikir dan sebagainya.

Di tengah derasnya arus informasi sekarang ini. Anak muda zaman sekarang memiliki idola yang beragam. Dari yang positif sampai dengan negatif.

Saya pun pernah menjadi seorang groupies yang bener-bener freak ama boysband duh, ketauan umur . Mulai dengan menempeli seluruh dinding kamar dengan poster-poster mereka, membeli semua kaset waktu itu masih zaman kaset yaa 😂😂😂, menonton show mereka di TV, mantengin Video klip mereka berulangkali. Duhhh, kegilaan yang sesaat.

Tapi, sesungguhnya ada yang lebih layak untuk di jadikan idola. Idola yang memberikan semangat positif dalan menjalani hidup. Terutama bagi kita para wanita muslimah. Idola yang merupakan para wanita hebat penghuni surga-Nya. Role model kita agar bisa pergi ke Jannah-Nya, Aamiinnn...




Di postingan collab dengan Bandung Hijab Blogger ini, saya  akan membahas mengenai 3 Inspiring Woman in the World.

Siapa aja???
Ini dia...


1. Khadijah binti Khuwailid

Istri yang paling dicintai oleh Rasulullah ini, terlahir dari keluarga yang terpandang. Wanita mulia yang cerdas, cantik dan baik hati. Sebelum bertemu dengan Rasulullah, Ummu Khadijah sudah menikah 2 kali, sayangnya keduanya telah meninggal terlebih dahulu.

Hingga suatu ketika, Ummu Khadijah bertemu dengan seorang pemuda yang mampu membuatnya membuka hatinya kembali. Seorang pemuda bergelar Al-Amin. Dialah Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah pernah bersabda,
"Allah tidak pernah memberikanku wanita yang lebih mulia dari Khadijah. Di saat manusia lain tidak percaya, dia sendiri yang percaya. Ketika semua orang mendustakan diriku, dia sendiri yang menerimaku. Ketika semua orang berlarian dariku, ia mendukungku, baik ketika ada maupun tiada. Dan Allah mengaruniaiku putra putri bukan dari yang lain, melainkan darinya."

Dari sabda tersebut, kita bisa mengetahui betapa dalamnya cinta Rasulullah kepada Ummu Khadijah, seorang wanita yang berkorban segalanya baik harta maupun dirinya demi dakwah Rasulullah.

Sebagai seorang wanita maupun seorang istri, sungguhlah teramat jauhhhhh diri saya ini, di bandingkan Ummu Khadijah. Semoga saya pun bisa introspeksi, dan semakin memperbaiki diri, walaupun hanya secuil saja.
Aamiinn......


2. Fatimah binti Muhammad

Putri kesayangan Rasulullah dari Ummu Khadijah ini pun merupakan salah satu dari 4 pemimpin wanita kelak di Surga. Seorang wanita yang memiliki semua kelebihan sifat-sifat Rasulullah.

Bahkan Ummu A'isyah pernah berkata, "Aku tidak melihat seseorang yang perkataannya dan pembicaraannya yang menyerupai Rasulullah selain Fatimah, jika ia datang mengunjungi Rasulullah, Rasulullah berdiri lalu menciumnya dan menyambut dengan hangat, begitu juga sebaliknya yang di perbuat Fatimah bila Rasulullah datang mengunjunginya."

Dari usia 5 tahun, Fatimah telah di tinggalkan oleh Ummu Khadijah yang telah menghadap Rahmatullah. Di usia yang sangat dini, Fatimah harus menggantikan bundanya untuk melayani, membantu, dan  membela Rasulullah.

Dengan cerita masa kecilnya yang cukup berat untuk di jalani, Fatimah pun tumbuh menjadi wanita yang cantik jelita, cerdas, kuat, dan mulia.

Suatu ketika, Fatimah yang telah menikah dengan Ali bin Abu Thalib pernah menangis dan mengeluh kepada Rasulullah, ketika sedang menggiling biji gandum dengan tangannya sendiri.

Rasulullah pun menghibur dan bersabda, "Jika Allah SWT menghendaki wahai Fatimah, niscaya penggilingan itu berputar dengan sendirinya untukmu. Akan tetapi Allah SWT menghendaki di tuliskan-Nya untukmu beberapa kebaikan dan di hapuskan oleh-Nya beberapa kesalahanmu dan di angkat-Nya untukmu bebarap derajat."

"Ya Fathimah, perempuan mana yang menggiling tepung untuk suaminya dan anak-anaknya, maka Allah SWT menuliskan untuknya dari setiap biji gandum yang digilingnya suatu kebaikan dan mengangkatnya satu derajat."

Dari kisah Fatimah ini, kita bisa mengambil contoh bagaimana seorang putri membela orang tuanya, dan bagaimana kita harus melayani suami kita. Karena sesungguhnya segala hal yang kita lakukan untuk orang tua dan suami serta keluarga itu hanyalah untuk mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.
Aamiinnn, ya rabbal alamin....


3. Asiyah binti Muzahim

Ibu angkat dari Nabi Musa AS, sekaligus istri Fir'aun paling kejam ini, juga merupakan salah satu pemimpin wanita kelak di Surga. Wanita yang lebih memilih untuk mati daripada mengakui Suaminya sebagai Tuhan.

Awalnya, Asiyah yang berparas jelita ini membuat Fir'aun bertekuk lutut padanya, hingga memperistrinya. Sebagai seorang istri dari seorang raja besar pada zamannya, Asiyah hidup penuh dengan kemewahan. Hanya saja, hatinya penuh dengan kegundahan. Fir'aun mengganggap dirinya adalah Tuhan yang harus di sembah oleh rakyatnya maupun oleh istrinya sendiri. Asiyah terpaksa menuruti kehendak suaminya.

Setelah Nabi Musa AS menunjukkan kenabiannya, Asiyah pun semakin percaya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Asiyah yang memang berhati baik dan memiliki keteguhan ini memilih untuk menentang suaminya.

Fir'aun murka dan mulai menyiksa istrinya sendiri. Setiap saat, Asiyah hanya bisa berdzikir dan berdoa.

 "Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.” (Q.S. At-Tahrim [66] : 11). 

Doa yang mampu menggetarkan langit Arsy, sehingga Allah SWT pun mengabulkan doa tersebut, dan menjanjikan keindahan surga untuk salah satu wanita paling beriman ini.


Kita semua sesungguhnya adalah penghuni surga. Hidup di dunia ini hanyalah sebagai persinggahan sementara. Seperti layaknya seorang musafir di dunia ini, perhentian terakhir kita adalah surga-Nya. Semoga kita semua di mampukan dan di layakkan untuk pulang kembali ke sana. Aamiinnn...

Demikianlah, 3 Wanita Hebat Sepanjang Zaman yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menginspirasi. Bagaimana dengan teman saya, Teh Hani , yuuu langsung kepoin juga.

Sampai jumpa di postingan saya yang berikutnya yaa...


Love,


Love to see you on:

Email : greenflowers711@gmail.com


Sumber : 

http://salam.ui.ac.id/kisah-khadijah-binti-khuwailid/

http://duta-cherbond.blogspot.com/2015/03/10-tokoh-dalam-history-islam.html?m=1

http://portalsatu.com/read/Blog/kisah-fatimah-putri-nabi-saw-dan-batu-gilingan-gandum-yang-berbicara-34955

https://www.google.co.id/amp/s/m.vemale.com/amp/lentera/104959-kisah-asiyah-wanita-mulia-istri-firaun-yang-dijamin-masuk-surga.html

https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp/lmw3bu

12 komentar:

  1. Khadijah favoriitt akuuu masyaallah..

    BalasHapus
  2. Siti Khadijah seharusnya bisa jadi contoh untuk remaja remaji kekinian yang sering galau di medsos karena jodoh. Khadijah aja baru ketemu jodoh nya di usia 40, tapi dapetin nya Rasulullah ❤

    BalasHapus
  3. ini sih bukan cuma menginspirasi tapi memang wanita-wanita hebat yg dipilih Allah

    BalasHapus
  4. Hai say gak janjian hampir sama ceritanya kayak yg aku tulis.. aku nulisnya sambil nangis sambil baca sirah dan kisahnya apalagi Khadijah dan Asiyah.. huaah panutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaa bisa samaann ya, samaa bgd say, aq jg sambil nangiss baca kisahnya 😭😭😭

      Hapus
  5. Khadijah panutan sepanjang masa

    BalasHapus
  6. Semuanya wanita sholehah panutanku. Khadijah ngingetin untuk jd istri yang baik, Fatimah ngingetin jadi anak yg baik, Asiyah ngingetin jd hamba yg baik yg bisa memilih Allah dibanding suaminya sendiri. Semoga aku jg bisa ngikutin mereka.. dikit demi sedikitt. Terima kasih tteh sharingnya..

    BalasHapus
  7. Tiga wanita inspirator sepanjang masa. Panutankuuuu....
    Apalagi Khodijah yang baik, zuhud dan ta'at sama Rasulullah.

    BalasHapus
  8. Panutan semua kaum wanita muslim yah teh.. semoga kita bisa mendekati seperti mereka

    BalasHapus
  9. Aaaa 3 sosok terbaik yang Allah abadikan dalam Al Quran. Semoga bisa meneladani mereka Aamiin :')

    BalasHapus
  10. Wanita panutan semua , masya Allah :"

    BalasHapus
  11. Dari Fatimah, aku jadi belajar bahwa pekerjaan dengan niat karena Allah akan kembali menjadi kebaikan yang dilipatgandakan oleh Allah. Mice sharing teteh

    BalasHapus