Senin, 28 Oktober 2019

Kuliner Kaki Lima di Cimahi - Murah dengan Rasa Mewah


Assalamualaikum
Hi, Foodie Lovers

Semakin hari Kota Cimahi semakin penuh sesak dengan bermunculannya Restaurant dan tempat ngafe hits. Bahkan Makanan Kaki Lima pun semakin banyak pilihannya. Saya sendiri bukan tipe orang yang harus ngafe terus menerus. Jangan salah, Makanan Kaki Lima pun banyak banged yang enak-enak, ampe pusing rasanya. Apalagi saya ini tukang makan, wkwkwkwk. Jadi, apa aja Kuliner Kaki Lima di Cimahi yang Murah dengan Rasa Mewah versi saya?? Lanjut di bawah ini yaa...


Sop Kaki Sapi & Babat Khas Jakarta



Bertempat di Jl. Gatot Subroto, tepat di seberang Apotik Serumpun Bambu, berderet beberapa Kaki Lima yang menyajikan berbagai macam makanan. Salah satunya adalah Sop Kaki yang dimiliki oleh Pak Utom. Pria berkumis dengan senyuman yang ramah menyajikan Sop Kaki Sapi sesuai dengan selera pelanggannya.

Pak Utom yang Ramah

Kalau saya sendiri, saya suka mix daging dengan babat, Yum , paling mak nyuss dech. Apalagi setelah Sop disajikan, kita tuang sedikit kecap di atas nasi yang hangat dan air jeruk yang di peras di atas nasi maupun Sop Kakinya. Tidak lupa ditambah dengan sambal yang biasanya justru saya taruh di piring nasi, agar bila kepedasan saya bisa menyeruput kuah Sop Kaki untuk menetralkan kembali rasa pedas pada lidah. Yaa begitulah cara makan Sop Kaki ala saya, dengan membiarkan citrasa Sop Kaki murni tanpa tambahan sambal maupun kecap, kecuali perasan air jeruk agar terasa lebih segar.


Yang saya suka dari Sop Kaki Sapi Pak Utom ini, Sop nya segar dan tidak terasa bau amis. Sering kan yaa, apalagi masakan yang berdaging ini, bau dagingnya terasa berlebihan atau lekoh. Dagingnya pun bersih dan tidak ada sisa bulu-bulu halus yang masih tertinggal. Karena saya pernah makan di salah satu kaki lima Sop Kaki, dan menemukan dagingnya masih ada sedikit sisa bulu-bulu. Yakin dech, kalian juga pasti langsung ilfeel kan. Walaupun menurut saya, rasa Sopnya sendiri tidak terlalu gurih.


Dengan harga Rp 25.000,- Sop Kaki ini bisa kita santap ataupun kita bawa pulang. Saya malah sering banged Go Shop makanan ini, saking sukanya dengan citarasanya. Ada sedikit tips bila dibawa pulang. Bila masih bersisa sampai dengan keesokan hari, ketika dipanaskan jangan ditambah air lagi, karena rasanya akan semakin gurih. Wajib Coba Gaesss...

Rate :  4,5/5
Buy It Again : PASTINYAA DONK, udah langganan bangedd soalnya...


Warung Makan Pak Medi Yogya
"Tongseng"




Source from Google



Dari Jalan Gatot Subroto kita beralih ke Jalan HMS Mintareja, tepatnya di lapangan parkir Dinas Perhubungan Kota Cimahi. Tiap pukul 6 sore ke atas, pasti berderet Warung Kaki Lima. Dan yang populer salah satunya adalah Warung Makan Pak Medi Yogya - Tongseng. Berjualan sejak tahun 1995, seingat saya sendiri sudah makan disana sejak saya masih SMP, diajak oleh Almarhum Babeh saya. Karena memang saya ini Wong Jowo, Blasteran Solo-Madiun, tentu saya juga pernah nyicip makanan aslinya di Solo dan Jogja. Dan, bisa di bilang citarasa Tongseng Pak Medi ini, sama dengan citarasa Tongseng asli di Jawa.



Disini ada 3 varian daging yang bisa dipilih, yaitu Ayam, Sapi, dan Kambing. Saya sendiri selalu memilih sapi. Potongan daging dengan irisan kol yang menyeruak di dalam kuah, dan kepulan asap nya yang wangi, pasti bakalan bikin kalian ketagihan amaTongseng ini.


Penyajian satenya pun tidak seperti sate di Bandung, yang kebanyakan penjual Satenya dari Madura, yaitu menggunakan bumbu kacang. Satenya di taruh di piring ditambah irisan kol, tomat, dan jeruk yang bisa kita peras di atas sate, ditambah sambal kecap dengan irisan cabe rawit yang pedasnya menggigit. Owh yaa, sekarang sich disediain bumbu kacang juga. Tapi saya saranin coba dulu jangan pake bumbu kacang, makan ala sate Solo - Yogya, wihh, dijamin gak bakalan berhenti nambah dech.



Pricelistnya


Rate :  5/5 (Belum ada tandingannya di Kota Cimahi, bahkan di Bandung)
Buy It Again : SURE!!!


Warung Bebek Baros






Dari Jalan HMS Mintareja, kita jalan lagi yuu ke Jalan Baros, tepat di seberang Apotik Baros, berderet Warung Kaki Lima, dan kalian bakal nemuin Warung Bebek Baros yang sudah berjualan disana sejak tahun 2010. Bukanya pun di atas jam 6 sore, karena berjualan di tempat parkir toko banguan, jadi nunggu tokonya tutup dulu, Gaess...

Bebek Rica-Rica yang berkuah


Bebek goreng pasti rasanya biasa aja kan. Cobain dech menu Bebek Rica-Rica dan Bebek Meweknya. Bebek yang memang tidak sembarang orang bisa mengolah, di tangan pemilik warung makan ini, Pak Cecep, Bebek Rica-Rica yang berkuah bisa terasa enak dan tidak amis.


Bebek Mewek yang pedas


Saya setiap kesana, pasti suka bingung antara Bebek Rica-Rica dan Bebek Mewek, karena biasanya makanan Rica-Rica ala- ala balado. Nah, sebaliknya di warung ini, Bebek Mewek yang seperti itu, sedangkan Bebek Rica-Rica berkuah dan kita bisa request untuk tidak terlalu pedas. Ada gunanya juga nulis disini, jadi tiap mau mau beli bisa liat catatan disini, wkwkwkwk.

Pak Cecep sedang menggoreng Bebek

Price :
Bebek Rica-Rica : Rp 24.000,-
Bebek Mewek : Rp 24.000,-

Rate : 4,5/5
Buy It Again : OF COURSE!!



Warung Bubur Kacang Ijo Ketan Item Madura







Setelah beli bebek atau menunggu pesanan Bebek, tepat di sebelah warung makannya ada Warung Bubur Kacang Ijo. Warung Kacang Ijo, milik Pak Api ini juga mulai berjualan sejak tahun 2010. Di malam yang dingin, pas banged kan kita ngebubur kacang ijo. Apalagi penyajiannya tidak seperti di Mang-Mang yang suka lewat depan Rumah. Ketan hitamnya itu tidak berkuah dan berbentuk bubur. Jadi bisa di bilang hanya direbus saja, tapi airnya di abiskan. Jadi, setelah bubur kacang ijonya di tuang, ditambahkan lagi ketan hitamnya, baru di taruh rotinya.  Rasanya creamy dan nyusu bangedd, pun enggak terlalu manis, pokoknya nagih bangedd dech.

Pak Api sedang melayani pembeli

Price : Rp 5.000,-

Rate : 4,5/5
Buy It Again: Definitely!!

Nah gimana nich Kuliner Kaki Lima di Cimahi - Murah dengan Rasa Mewah versi saya ini, ada yang udah pernah cobain belum? Kalau belum dan sedang berkunjung ke Cimahi, kalian wajib coba banged dech. Dijamin enggak bakal nyesel.

Owh yaa, tulisan ini merupakan Collab Blog bersama Bandung Hijab Blogger (Klik Disini) kalian bisa nemuin referensi Best Food In Town versi teman-teman yang lain juga.


Sampai juga lagi di tulisan berikutnya.

Love, 

14 komentar:

  1. Favorit aku tongseng! Kalo di Jogja banyak banget yang jualan semacam tongseng gule dsb... emang juara!

    BalasHapus
  2. Aku pernah Pernak Ke Bebek Baros Teh, diajak tmn orng cingu Heheh..

    BalasHapus
  3. Bubur kacang ijo madura juga kesukaan aku banget lah ini mah 😍

    BalasHapus
  4. Bubur kacang ijo madura juara emang, dulu sering jajan di kostan hehe

    BalasHapus
  5. Warung bebek baros ini ada yg pernah kasih tau katanya emang enak bingiitss..jadi kepengen ihh

    BalasHapus
  6. Ko aku ngiler banget ya sama jajanannya.. Kayanya selera kita sama nih teh hihihi

    BalasHapus
  7. kalo ke cimahi aku mau coba jajanan ini ah

    BalasHapus
  8. Waaah pengen nyoba tongsengnya. Tar ah kalo kagi ke cimohayy mampir2

    BalasHapus
  9. Teh mpuz kalo mau makan enak ga harus jauh-jauh ya. Di Cimahi banyak ternyata. Aku penasaran sama yang no 1. It favorit suami aku tapi sampe skrg belum nemu yang enaknya pake banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di Banceuy enak bangedd Teh, yg sebelahan ama jualan jus, itu yg paling rame...

      Hapus
  10. Bubur kacang ijo madura sih, disini jauh kudu pake motor dulu kalau mau beli burcang. Di Bandung juga ada ini mah, jadi ga perlu ke Cimahi hehe

    BalasHapus
  11. semua makanannya mantep banget nihhh..apalagi bebek baros nya bikin ngilerr

    BalasHapus